Langsung ke konten utama

Kenangan Perjalanan Ke Belitung

Wisata Belitung

Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, akses menuju Bangka Belitung ( paket wisata belitung) kini  sangatlah mudah dari Jakarta, wisatawan dapat naik pesawat terbang menuju Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang ataupun Bandara H A S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan. Pangkal Pinang berada di Pulau Bangka, sementara Tanjung Pandan berada di Pulau Belitung.





Tiket Pesawat Ke Belitung



Ada enam maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta-Pangkal Pinang, yaitu Sriwijaya, Lion Air, Garuda, Merpati, Batavia, dan Aviastar. Harga tiket Pesawat mulai dari Rp 300.000. Total ada sekitar 15 kali penerbangan setiap harinya di rute Jakarta-Pangkal Pinang. Selain melalui Jakarta, alternatif lain ke Pangkal Pinang bisa dari Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Batam, atau Bandar Lampung.

Penerbangan rute Jakarta-Tanjung Pandan hanya dilayani oleh Sriwijaya dan Batavia. Sriwijaya menyediakan penerbangan rute tersebut sebanyak empat kali dalam sehari. Adapun Batavia satu kali dalam sehari. Harga tiket mulai dari Rp 350.000. Selain Jakarta, penerbangan ke Tanjung Pandan bisa melalui Yogyakarta, Semarang, Medan, Batam, Denpasar, dan Palembang.

Harga tiket Jakarta-Pangkal Pinang dan Jakarta-Tanjung Pandan fluktuatif, tergantung musim padat kunjungan dan akhir pekan. Di akhir pekan dan musim liburan, harga tiket akan mahal. Dari Jakarta, lama tempuh tak sampai satu jam, baik ke Pangkal Pinang maupun Tanjung Pandan.

Jika waktu Anda memungkinkan, sebaiknya kunjungi kedua pulau tersebut. Pasalnya, keduanya menawarkan wisata yang sama menariknya. Penggemar sejarah dan kuliner bisa dicari di Bangka, sementara di Belitung kaya akan wisata bahari.




Dari Jakarta, Anda bisa naik pesawat menuju Pangkal Pinang. Selesai berkeliling di Pulau Bangka, barulah Anda menyeberang ke Pulau Belitung. Setelah menjelajahi Pulau Belitung, barulah Anda kembali ke Jakarta melalui bandara di Tanjung Pandan.


Transportasi Wisata di Belitung



Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk menuju Belitung dari Bangka. 

Cara Pertama Wisata Ke Belitung adalah dengan pesawat. Maskapai yang melayani rute ini adalah Sky Aviation. Maskapai ini melayani rute tersebut dua kali dalam sehari. Lama perjalanan sekitar setengah jam. Harga tiketnya mulai dari Rp 400.000.



Cara kedua Wisata Ke Belitung adalah dengan naik kapal cepat (jetfoil) KM Bahari Express melalui Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkal Pinang. KM Bahari Express melayani rute dari Bangka ke Belitung satu kali sehari, yaitu pada pukul 14.00. Kapal ini sangat nyaman. Anda bisa memilih tiga kelas sesuai kebutuhan, yaitu VIP, executive, dan economy.

Harga tiket VIP untuk kapal mulai dari Rp 200.000. Lama tempuh  4-5 jam. Di kelas VIP, kursi yang tersedia adalah kursi empuk seperti di pesawat terbang. Selain itu, ruangan VIP juga ber-AC, mendapatkan snack, dan tersedia hiburan berupa televisi.

Harga lebih murah untuk kelas eksekutif mulai dari Rp 170.000 dan kelas ekonomi mulai dari 
Rp 140.000. Kapal nantinya akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung. Kapal ini tersedia setiap hari, kecuali hari Selasa.

Asyiknya dengan naik kapal, Anda bisa mampir ke bagian ruang kemudi melihat nakhoda menjalankan kapal. Bisa juga duduk-duduk di bagian belakang kapal untuk melihat panorama laut. Apalagi saat menikmati pemandangan matahari tenggelam yang cantik.

Sementara itu untuk transportasi darat, transportasi umum di Bangka lebih mudah dibandingkan dengan di Belitung. Di Bangka, Anda bisa datang ke terminal di daerah Pangkal Pinang yang menyediakan bus-bus antarkabupaten. Di Pangkal Pinang sendiri ada angkutan kota yang biasa disebut bemo.

Di Belitung, bus antarkabupaten pun ada. Namun, angkutan kota sangat jarang muncul. Jika tujuan Anda berwisata dengan nyaman, baik di Bangka maupun di Belitung, Anda bisa menyewa mobil, ojek, atau rental motor.

Mobil jenis Avanza dengan sopir tanpa bensin di Bangka dan Belitung di kisaran harga sewa mulai dari Rp 350.000 per hari. Di Bangka dan Belitung, pilihan lain adalah naik ojek. Sangat mudah mencari ojek di kedua pulau.

Anda dapat menyewa ojek seharian, mulai dari Rp 100.000, tergantung jarak yang akan Anda tempuh. Alternatif lain adalah rental motor dengan kisaran harga Rp 60.000 per hari.

Sewa mobil bisa Anda minta dari biro perjalanan setempat, brosur banyak Anda temukan di bandara. Atau, minta tolong pihak hotel untuk dicarikan mobil sewaan. Begitupula dengan ojek dan rental motor, bisa Anda minta ke pihak hotel.

Dari Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang, Anda bisa saja naik bemo menuju hotel, tergantung letak hotel Anda di mana. Sementara iru dari Bandara H A S Hanandjoeddin di Tanjung Pandan ataupun Pelabuhan Tanjung Pandan ke hotel bisa Anda tempuh dengan naik ojek.

Di Pelabuhan Tanjung Pandan, ojek-ojek sudah ramai menawarkan jasa mengantar ke hotel. Ojek pun bisa digunakan untuk mengantar tamu ke Tanjung Kelayang.

Tanjung Kelayang merupakan titik keberangkatan boat (sebutan warga Belitung untuk kapal bermotor) yang digunakan turis untuk menjelajahi pulau-pulau kecil nan cantik di Belitung. Harga sewa boat tergantung jumlah orang yang naik dalam boat. Untuk 10 orang, harga sewa mulai dari Rp 350.000.

Anda bisa mencari sewa kapal di Tanjung Kelayang atau kontak biro perjalanan setempat ataupun pihak hotel. Di Belitung, penyewaan kapal sudah terkoordinasi. Ada koordinator khusus untuk mengelola penyewaan kapal.

Di akhir pekan, sewa mobil ataupun sewa kapal di Bangka dan Belitung seringkali penuh. Ada baiknya jika Anda datang di akhir pekan, sewa mobil dan kapal sudah Anda pesan jauh hari sebelum keberangkatan.

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Diet Keto

Sejarah Diet Ketogenik “keto” merupakan hal yang menarik untuk di perbincangkan. Diet ketogenik awalnya dikembangkan di Mayo Clinic dan Johns Hopkins University Hospital yang berlokasi di Maryland, Amerika Serikat pada tahun 1920an, dengan tujuan untuk penanganan penyakit epilepsy refraker pada anak sebagai bentuk standar diet klasik. Dimana saat itu penyakit ini menjadi salah satu perhatian dari pemerintah Amerika serikat. Diet ketogenic atau biasa disebut “keto” adalah sebuah metode untuk diet dengan rendah kerbohidrat, yang mengubah tubuh menjadi mesin pembakar lemak. Diet ini memiliki banyak manfaat potensial untuk menurunkan berat badan, kesehatan, dan kinerja pelaku diet. Diet keto mirip dengan diet karbohidrat rendah lainnya, seperti diet Atkins atau biasa LCHF (rendah karbohidrat lemak tinggi). Karbohidrat menjadi salah satu sumber makanan yang dapat menimbulkan seseorang kegemukan karena gula darah disimpan menjadi lemak tubuh. Sedangkan makanan lemak berbeda, karena tubuh ak…

Hindari 5 Cara DIet Ini

1. Diet cacing pita

Pernah mendengar mengenai diet ini? Diet cacing pita adalah diet yang bisa dibilang sangat menjijikan. Anda dengan sengaja menelan pil yang berisi cacing pita. Kemudian, cacing pita akan tumbuh dalam usus Anda dengan tujuan agar cacing pita memakan makanan yang ada dalam usus Anda. Dengan begitu, berat badan Anda turun sampai angka yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda akan menelan pil antiparasit dengan tujuan untuk mematikan cacing pita yang ada dalam tubuh Anda. Bagaimana? Ingin coba cara ini untuk menurunkan berat badan.

Mungkin dengan bantuan cacing pita dalam tubuh, Anda bisa mendapatkan berat badan yang Anda inginkan dengan cepat. Namun, sayangnya cacing pita yang hidup dalam tubuh Anda terlalu berisiko untuk kesehatan Anda. Cacing pita dapat tumbuh sangat besar dalam tubuh Anda, selain itu cacing pita juga dapat menyebabkan diare, muntah, kram perut, sakit kepala, kekurangan zat gizi, dan epilepsi. Bahkan, diet cacing pita ini dapat mempunyai risiko mematik…

Tren Diet Keto di Indonesia

Berdiet seakan menjadi kebiasaan yang tak lekang oleh waktu. Dari waktu ke waktu pria dan wanita menjalani diet demi berbagai alasan.

Metode diet pun terus berkembang. Salah satu yang sedang populer adalah diet keto atau diet ketogenic.

Apa sebenarnya diet ketogenic? Ahli gizi lulusan University of Sydney, Leona Victoria, mengatakan diet keto adalah diet tinggi lemak dan sangat rendah akan karbohidrat. "Diet ketogenic itu tinggi lemak tapi rendah karbo. Sebagai tren, sepertinya baru, ya mungkin 3-4 tahun terakhir booming, tapi sebagai terapi untuk orang yang epilepsi sudah lama," kata Victoria kepada Republika.co.id.

Ia mengatakan, diet keto memang pada awalnya dijalankan oleh orang yang terkena epilepsi. Namun, seiiring berjalannya waktu, diet ini digunakan oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Victoria menjelaskan, kalau dalam ketogenic, tubuh memakai lemak sebagai bahan bakar utama. Sebelumnya tubuh yang bergantung pada karbohidrat, berganti jadi pada lemak.

&quo…